chotto ki ni naru koto ga arimasu .

Kamis, 11 November 2010

Minat Orang Indonesia Mengenal Budaya Jepang Meningkat

Minat orang Indonesia untuk lebih mengenal kebudayaan Jepang semakin meningkat, hal tersebut bisa dilihat dari jumlah orang yang belajar bahasa Jepang yang semakin bertambah," kata Humas dan Publikasi Japan Foundation, Diana S Nugroho di Jakarta, Kamis.

"Orang Indonesia yang belajar bahasa Jepang pada tahun ini saja lebih dari 10 ribu orang, tahun sebelumnya tidak sebanyak itu," katanya.

Ia mengatakan, Japan Foundation yang berdiri di Indonesia sejak 1978 lebih berkonsentrasi pada pengenalan dan pertukaran budaya Jepang dengan Indonesia dalam arti yang lebih luas, termasuk mengenalkan dan mempelajari bahas Jepang.

Dalam waktu dekat, kata Diana, pihaknya akan menggelar "Japan Week" yang akan melibatkan seluruh unsur terkait pemerintahan Jepang dengan Indonesia melalui pengenalan seni, budaya Jepang dan berbagai kegiatan lainnya.

"Tujuannya mempererat tali persahabatan antar Indonesia dengan Jepang melalui nilai-nilai budaya," kata Diana.

Antusiasme dan perhatian warga Indonesia terhadap budaya Jepang tidak hanya dalam pertukaran seni dan budaya baik melalui institusi pemerintah maupun dengan lembaga kesenian yang ada di Indonesia secara langsung seperti kelompok teater dan lainnya.

Namun hal itu, bisa juga dilihat dari minta orang Indonesia untuk mempelajari Bahasa Jepang untuk kepentingan bekerja maupun keperluan lainnya, setiap tahun mengalami peningkatan baik melalui pendidikan formal maupun informal.

"Kami berharap kerjasama dan saling mengenalkan budaya tersebut bisa terus dilestarikan untuk mempererat persahabatan ke dua negara," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar